Minggu, 26 Juni 2016

SETTING KONFIGURASI RADIO WIRELESS UBIQUITI AIRGRID M5HP

Bagi perusahaan Internet Service Provider (ISP) banyak media transmisi data yang digunakan untuk mendeliver service internet nya ke customer, baik itu via Coaxial Cable, Fiber Optic dan Radio Wireless, dan kali ini saya akan membahas mengenai Radio Wireless karena media yang satu ini lebih familiar bukan hanya digunakan oleh ISP tetapi juga biasa digunakan oleh RT/RW Net, radio wireless yang bisa digunakan pun banyak jenis nya, bisa menggunakan Radio Mikrotik SXT Series, Ubiquity dll. Namun, disini saya hanya akan membahas cara konfigurasi radio ubiquity.

Sebelumnya, saya jelaskan terlebih dahulu cara kerja dari radio wireless, yang saya ketahui radio wireless menggunakan media transmisi gelombang elektomagnetik pada jalur udara dan ada beberapa parameter yang membuat antar radio bisa terkoneksi dan berkomunikasi diantaranya yaitu SSID, Frequency, dan Segmen IP address antar kedua radio, Oke langsung saya jelaskan step by step cara konfigurasi radio wireless dengan mode Station.

Default IP semua perangkat UbiQuiTi yaitu 192.168.1.20, jadi sebelum anda mengakses nya via browser anda harus seting IP static manual dulu di PC atau Laptop anda.



Setelah PC atau laptop anda di set IP manual, dan ping ke IP 192.168.1.20 hasilnya reply from, maka anda bisa mengakses nya via browser dengan mengetikan IP 192.168.1.20 di url bar, Login dengan username dan password ubnt.


Kalau sudah masuk ke halaman airOS, klik Tab logo UbiQuiTi, pada airmax priority pilih highdan klik change tapi jangan dulu di klik Apply.


Selanjutnya klik tab wireless, pada bagian ini yang harus anda seting yaitu SSID sesuai denganSSID pada radio Access Point atau Radio sectoral, Channel Width pilih Auto 20/40 MHz, Channel Shifting nya pilih Enable, klik enable pada Frequency Scan List lalu klik edit, selanjutnya centang Freqeuncy yang di inginkan dan klik OK. masih di Tab wireless pada colom Antenna pilih 17x24 - 27 dBm atau yang tertinggi, setelah semuanya sudah di set langkah selanjutnya klik Change. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar di bawah ini.


Pada Tab network isi IP address, netmask, gateway dan DNS nya jangan lupa juga centang padaAuto IP Aliasing & STP, jika sudah klik Change.


Pada tab Advance tidak ada konfigurasi yang perlu di rubah maka anda bisa lewatkan dan langsung ke Tab Services, pada bagian ini hilangkan centang pada Secure Connection (HTTPS)agar tidak muncul SSL error jika anda akses via browser, selanjutnya centang enable NTP Clientdan system log, klik Change.


Pada Tab System hilangkan cheklis Check for Updates nya agar ketika kita akses via browser tidak ada notifikasi untuk update firmware, device name nya isi sesuai dengan yang anda inginkan kalau disini saya isi dengan nama dan alamat customer saya, Startup Date di enable dan pilih tanggal sesuai tanggal di kalender, ganti username dan password di bagian System Account, jika sudah klik Change dan klik apply jika anda merasa semua konfigurasi sudah selesai.



Tunggu sampai proses applying selesai ..



Terakhir, anda akses kembali via browser, dan jika tampilan nya seperti ini atrinya sudah konek ke radio access point atau ke radio sectoral.



Selesai sampai disini proses konfigurasi Radio Wireless AirGrid M5HP, kunjungi terus Blog sederhana ini untuk mendapatkan artikel dan tutorial menarik seputar jaringan internet dan untuk menambah wawasan serta pengetahuan anda :)


0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut