Sabtu, 15 Oktober 2011

Hypertext

"Metatext" beralih ke halaman ini. Untuk konsep sastra, lihat Metafiction.
Hypertext adalah teks yang ditampilkan pada komputer atau perangkat elektronik lainnya dengan referensi (hyperlink) ke teks lain yang pembaca dapat langsung mengakses, biasanya dengan satu klik mouse atau menekan tombol urutan. Selain menjalankan teks, hypertext dapat berisi tabel, gambar dan perangkat presentasi lainnya. Hypertext adalah konsep yang mendasari mendefinisikan struktur dari World Wide Web [1]. Ini adalah mudah digunakan dan format yang fleksibel untuk berbagi informasi melalui Internet.Isi
 
[Sembunyikan]

    
* 1 Etimologi
    
* 2 Jenis dan penggunaan hypertext
    
* 3 Sejarah
    
* 4 Implementasi
    
* 5 Akademik konferensi
    
* 6 Hypertext fiksi
          
o 6.1 Kritik dan teori
    
* 7 Lihat juga
    
* 8 Referensi
    
* Membaca lebih lanjut 9
    
* 10 Pranala luar
[Sunting] Etimologi
Awalan hiper-(berasal dari "υπερ-" awalan Yunani dan berarti "atas" atau "melampaui") menandakan mengatasi kendala linier lama teks tertulis. Istilah "hypertext" sering digunakan di mana istilah "hypermedia" mungkin tampak sesuai. Pada tahun 1992, penulis Ted Nelson - yang diciptakan kedua istilah pada 1963 - menulis:

    
Sekarang kata "hypertext" telah menjadi umum untuk percabangan dan menanggapi teks, tetapi kata yang sesuai "hypermedia", yang berarti kompleks dari percabangan dan menanggapi grafis, film dan suara - serta teks - jauh lebih sedikit digunakan. Sebaliknya mereka menggunakan istilah aneh "multimedia interaktif": ini adalah empat suku kata lagi, dan tidak mengekspresikan ide memperluas hypertext. - Nelson, Mesin Sastra, 1992
[Sunting] Jenis dan penggunaan hypertext
Dokumen hypertext dapat berupa statis (disiapkan dan disimpan di muka) atau dinamis (terus-menerus berubah dalam menanggapi masukan pengguna). Hypertext statis dapat digunakan untuk referensi silang koleksi data dalam dokumen, aplikasi perangkat lunak, atau buku tentang CD. Sebuah sistem yang dibangun dengan baik juga dapat menggabungkan antarmuka pengguna lainnya konvensi, seperti menu dan baris perintah. Hypertext dapat mengembangkan sistem yang sangat kompleks dan dinamis menghubungkan dan lintas-referensi. Pelaksanaan yang paling terkenal dari hypertext adalah World Wide Web, pertama kali digunakan pada tahun 1992.[Sunting] SejarahArtikel utama: Sejarah hypertext
Pada tahun 1941, Jorge Luis Borges menciptakan sebuah novel hypertext gaya - The Garden of Paths forking.
Pada tahun 1945, Vannevar Bush menulis sebuah artikel di The Atlantic Monthly disebut "As We May Think", tentang perangkat proto-hypertext futuristik ia disebut memex sebuah.
Pada tahun 1963, Ted Nelson menciptakan istilah 'hypertext' dan 'hypermedia' dalam model yang dikembangkan untuk menciptakan dan menggunakan konten yang terhubung (pertama kali diterbitkan 1965 referensi [2]). Dia kemudian bekerja dengan Andries van Dam untuk mengembangkan Hypertext Editing System pada tahun 1967 di Brown University. Douglas Engelbart independen mulai bekerja pada sistem NLS pada tahun 1962 di Stanford Research Institute, meskipun penundaan dalam memperoleh pendanaan, personil, dan peralatan berarti bahwa fitur utamanya tidak selesai sampai 1968. Pada bulan Desember tahun itu, Engelbart menunjukkan antarmuka hypertext ke publik untuk pertama kalinya, dalam apa yang kemudian dikenal sebagai "Ibu dari Semua Demo".
Aplikasi hypermedia pertama adalah Film Peta Aspen pada tahun 1977. Pada tahun 1980, Tim Berners-Lee menciptakan Enquire, sebuah sistem hypertext awal database agak seperti wiki. Awal 1980-an juga melihat sejumlah eksperimental hypertext dan hypermedia program, banyak fitur dan terminologi yang kemudian diintegrasikan ke dalam Web. Panduan, yang penting pertama sistem hypertext untuk komputer pribadi, dikembangkan oleh Peter J. Brown di UKC pada tahun 1982.
Pada bulan Agustus 1987, Apple Computer merilis HyperCard untuk baris Macintosh pada konvensi MacWorld. Dampaknya, dikombinasikan dengan bunga dalam Peter J. Brown GUIDE (dipasarkan oleh OWL dan dirilis awal tahun itu) dan Brown University Intermedia, menyebabkan minat yang luas dan antusiasme untuk hypertext dan media baru. ACM pertama Hypertext konferensi akademis berlangsung pada bulan November 1987, di Chapel Hill NC, di mana banyak aplikasi lainnya, termasuk Storyspace literatur menulis perangkat lunak hypertext juga demoed [3]
Sementara itu Nelson, yang telah bekerja dan mendukung sistem Xanadu nya selama lebih dari dua dekade, bersama dengan keberhasilan komersial HyperCard, diaduk Autodesk untuk berinvestasi dalam ide-ide revolusionernya. Proyek ini terus di Autodesk selama empat tahun, tetapi tidak ada produk dirilis.
Pada awal 1990, Berners-Lee, seorang ilmuwan di CERN, menciptakan World Wide Web untuk memenuhi permintaan sederhana dan langsung berbagi informasi diantara fisikawan bekerja di CERN dan universitas atau lembaga yang berbeda di seluruh dunia.

    
"HyperText adalah sebuah cara untuk link dan akses informasi dari berbagai jenis sebagai web node di mana pengguna dapat browse di akan. Ini menyediakan antarmuka pengguna-tunggal untuk kelas besar informasi (laporan, catatan, data-basis, dokumentasi komputer dan on-line membantu). Kami mengusulkan skema sederhana menggabungkan server sudah tersedia di CERN ... Sebuah program yang menyediakan akses ke dunia hypertext browser yang kita sebut ... "

    
Tim Berners-Lee, R. Cailliau. 12 November 1990, CERN [4] [5]

Pada tahun 1992, Lynx lahir sebagai web browser internet awal. Kemampuannya untuk menyediakan link hypertext dalam dokumen yang bisa mencapai ke dalam dokumen mana saja di Internet mulai penciptaan Web di Internet.
Setelah merilis web browser untuk PC dan Macintosh lingkungan, lalu lintas di World Wide Web dengan cepat meledak dari hanya 500 web server dikenal pada tahun 1993 menjadi lebih dari 10.000 pada tahun 1994. Jadi, semua sistem hypertext sebelumnya dibayangi oleh keberhasilan Web, meskipun awalnya tidak memiliki banyak fitur dari sistem-sistem sebelumnya, seperti cara mudah untuk mengedit apa yang Anda sedang membaca, mengetik link, backlink, transclusion, dan pelacakan sumber.[Sunting] Implementasi
Selain yang telah disebutkan Proyek Xanadu, Hypertext Editing System, NLS, HyperCard, dan World Wide Web, ada yang lain implementasi awal penting dari hypertext, dengan set fitur yang berbeda:



    
* Fress - A 1970 multi-user penerus Sistem Hypertext Editing.
    
* Sistem Dokumen Elektronik - Sebuah awal 1980-an teks dan grafik editor untuk hypertexts interaktif seperti memperbaiki peralatan manual dan komputer-dibantu instruksi.
    
* Informasi Presentasi Fasilitas - Digunakan untuk menampilkan bantuan online di sistem operasi IBM.
    
* Intermedia - Sebuah program pertengahan 1980-an untuk web authoring-kelompok dan berbagi informasi.
    
* Storyspace - Sebuah program pertengahan 1980-an untuk hypertext narasi.
    
* Texinfo - Membantu sistem GNU.
    
* XML dengan ekstensi XLink - Sebuah hypertext markup language baru yang memperluas dan memperluas kemampuan diperkenalkan oleh HTML.
    
* Wiki - bertujuan untuk mengkompensasi kekurangan editor terintegrasi dalam browser Web yang paling. Berbagai perangkat lunak wiki memiliki konvensi yang sedikit berbeda untuk memformat, biasanya sederhana dari HTML.
    
Portable Document Format Adobe - Sebuah format publikasi secara luas digunakan untuk dokumen elektronik termasuk link.
    
* Windows Bantuan
    
* PaperKiller - Sebuah editor dokumen khusus dirancang untuk hypertext. Dimulai pada tahun 1996 sebagai IPer (proyek pendidikan untuk ED-Media 1997).
    
* Amigaguide - dirilis di Amiga Workbench 1990.
[Sunting] konferensi Akademik
Di antara konferensi akademik atas untuk penelitian baru di hypertext Konferensi ACM tahunan Hypertext dan Hypermedia ([1] ACM SIGWEB Hypertext halaman Konferensi). Meskipun tidak secara eksklusif tentang hypertext, Web Dunia Wide seri konferensi, yang diselenggarakan oleh IW3C2, meliputi dokumen banyak bunga. Ada daftar di web dengan link ke semua konferensi di seri.[Sunting] Hypertext fiksiArtikel utama: Hypertext fiksi
Menulis hypertext telah mengembangkan gaya sendiri fiksi, bertepatan dengan pertumbuhan dan proliferasi dari pengembangan perangkat lunak hypertext dan munculnya jaringan elektronik. Dua program perangkat lunak yang dirancang khusus untuk hypertext sastra, Storyspace dan Intermedia menjadi tersedia pada 1990-an.
Storyspace 2,0, tingkat hypertext alat pengembangan profesional, tersedia dari Sistem Eastgate, yang juga telah menerbitkan karya-karya terkenal banyak literatur elektronik, termasuk sore Michael Joyce, cerita, Patchwork Gadis Shelley Jackson, Taman Victory Stuart Moulthrop, dan Judy Malloy itu namanya adalah Penelope, Teruskan Anywhere. Karya lain termasuk Julio Cortázar yang Rayuela dan Kamus Milorad Pavić tentang Khazar. Novel hypertextual Pertama Italia oleh Lorenzo Miglioli, "Ra-Dio", ditulis menggunakan Storyspace.
Sebuah keuntungan dari menulis narasi dengan menggunakan teknologi hypertext adalah bahwa makna cerita tersebut dapat disampaikan melalui rasa spasialitas dan perspektif yang bisa dibilang unik untuk lingkungan jaringan digital. Penggunaan kreatif seorang penulis dari node, mandiri unit makna dalam sebuah narasi hypertextual, bisa bermain dengan orientasi pembaca dan menambahkan arti pada teks.
Salah satu game komputer yang paling berhasil dari semua waktu, Myst, pertama kali ditulis dalam HyperCard. Permainan ini dibangun sebagai rangkaian Abad, masing-masing Umur terdiri dari tumpukan HyperCard yang terpisah. Tumpukan lengkap dari permainan terdiri dari lebih dari 2500 kartu. Dalam beberapa hal Myst didefinisikan ulang fiksi interaktif, menggunakan teka-teki dan eksplorasi sebagai pengganti narasi hypertextual [6].
Kritik klaim hypertext yang menghambat, tua linier, pengalaman pembaca dengan menciptakan lagu yang berbeda untuk membaca, dan bahwa hal ini pada gilirannya memberikan kontribusi pada fragmentasi postmodernis dunia. Dalam beberapa kasus, hypertext dapat lebih masalah untuk mendapatkan cerita menarik dari sebuah alat untuk mengembangkan kreativitas [7] Namun, mereka melihat nilai dalam kemampuannya untuk menyajikan beberapa pandangan yang berbeda pada subjek yang sama dengan cara yang sederhana.. [8] Hal ini menggemakan argumen dari 'teori media' seperti Marshall McLuhan yang melihat dampak sosial dan psikologis dari media. Media baru bisa menjadi begitu dominan dalam budaya publik bahwa mereka secara efektif menciptakan sebuah "pergeseran paradigma" (Lelia Hijau, 2001:15) sebagai orang telah bergeser persepsi mereka, pemahaman tentang dunia dan cara berinteraksi dengan dunia dan satu sama lain dalam kaitannya dengan teknologi baru dan media. Jadi hypertext menandakan perubahan dari bentuk-bentuk linear, terstruktur dan hirarkis mewakili dan memahami dunia ke media retak, desentralisasi dan berubah berdasarkan pada konsep teknologi hypertext link

3 komentar:

  1. Saran dan masukan : saya mohon kpd pemilik blog utk menuliskan materi dgn opsi. trims

    BalasHapus
  2. mana sumbernya?????????

    very important !!!

    BalasHapus

Pengikut