Kamis, 25 September 2014

SEJARAH PERKEMBANGAN ALAT HITUNG DAN KOMPUTER


Abacus_1_(PSF)Sekitar 5000 tahun yang lalu, orang Cina menggunakan Abacus untuk membantu melakukan perhitungan. Sampai sekarangpun alat ini masih dipergunakan, bahkan replikanya dikembangkan untuk pelajaran ekstra di sekolah yang disebut dengan Mental Matematika atau Sempoa.
Kemudian mulai tahun 1610 berturut-turut dikembangkan alat hitung yang lebih modern yaitu : Napier’s Bone (1610), Pascaline (1642), Aritmometer (1820). Punch Card (1820-1833), dan Analytical Engine (1833).
EniacKomputer generasi pertama yang terkenal adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) ditemukan pada tahun 1946, komputer ini menggunakan elemen tabung hampa dalam jumlah yang besar, sehingga memerlukan daya dan ruangan sangat besar.
Komputer generasi kedua memiliki ukuran lebih kecil dengan ditemukannya transistor sebagai pengganti tabung hampa.
Komputer generasi ketiga sekitar tahun 1958 ditemukan IC (Integrated Circuit) yaitu transistor yang telah dijadikan satu.
microprocessorKomputer generasi keempat ditandai dengan ditemukannya microprocessor tahun 1971. Microprocessor adalah ribuan transistor yang dikemas dalam sebuah Chip Silicon. Sehingga komputer mempunyai ukuran yang sangat kecil seperti yang sekarang kita temui.
Pada komputer generasi kelima, komputer diarahkan pada perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yaitu membuat komputer yang cerdas yang dapat belajar seperti manusia. Gambarannya sudah ada pada film-film fiksi ilmiah, seperti mobil yang dapat berbicara dengan pengendaranya, atau robot yang dapat diperintah seperti pembantu rumah tangga.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut